Kurikulum dan Sertifikasi

Kurikulum Program Profesi Insinyur mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 7.  Masa studi Program Profesi Insinyur adalah  1 (satu) tahun atau  2 (dua) semester dengan Sistem Kredit Semester (SKS) bermuatan 24 SKS  yang terdiri atas lebih dari 70%  praktek kerja (pemagangan)  keinsinyuran di Industri atau Perusahaan kerjasama dan 30% kegiatan tatap muka di dalam kelas. Adapun mata kuliah yang diajarkan yaitu:

  1. Kode Etik dan Etika Profesi Insinyur (2 SKS);
  2. Kaidah Kaidah Profesionalisme (2 SKS);
  3. Keselamatan, Kesehatan dan Keamanan Kerja/K3L (2 SKS);
  4. Studi Kasus (4 SKS);
  5. Seminar dan Workshop (2 SKS);
  6. Praktek Keisinyuran/Pemagangan di Industri/Perusahaan (12 SKS).

Lulusan PSPPI Universitas Diponegoro akan:

  1. Memperoleh Sertifikat Profesi Insinyur dan berhak menggunakan gelar “ Insinyur ( Ir.)”.
  2. Memperoleh Sertifikat Kompetensi dengan melakukan uji kompetensi lebih dahulu serta siap bekerja sebagai Insinyur Professional Mandiri sesuai Undang-undang No.12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah No.4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
  3. Memperoleh Sertifikat Profesi lainnya jika mahasiswa pada waktu bersamaan mengambil program tersebut.

Lulusan PSPPI Undip diharapkan dapat menjadi anggota terdaftar pada organisasi keinsinyuran internasional seperti National Registered  Engineer (NRE), Asean Chartered Profesional Engineer (ACPE), Registered Foreign Profesional Engineer (RFPE) atau Asia Pasific Economic  Cooperation Engineer (APEC-Eng) dimana Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menjadi anggotanya. Asosiasi tersebut diatas  adalah merupakan asosiasi tenaga kerja yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan perusahaan level nasional dan international guna menjawab tantangan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).