Assalamualaikum wr.wb.

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI INSINYUR (PSPPI)

Berdasarkan UU No. 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro merupakan salah satu Universitas yang mendapatkan ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur dengan Surat Dirjen Kelembagaan IPTEK dan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 1510/C.CA/KL/2016 tanggal 22 Agustus 2016 dan Surat Keputusan Rektor Universitas Diponegoro No. 1406/UN7.P/HK/2016.

Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro telah Terakreditasi B oleh BAN-PT berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 3459/SK/BAN-PT/Akred/PP/IX/2019 sejak tanggal 10 September 2019 sampai dengan 10 September 2024.

 

VISI

Menjadi Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur yang Unggul dan Bereputasi Internasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesi insinyur yang berkualitas berkelanjutan sehingga menghasilkan lulusan profesional dan kompetitif.
  2. Menyelenggarakan penelitian berkualitas dan berkelanjutan dalam bidang keinsinyuran untuk menghasilkan publikasi nasional, internasional, hak kekayaan intelektual, hilirisasi hasil penelitian dan paket teknologi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam memecahkan persoalan dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui layanan konsultasi, pendampingan, dan pelatihan.
  4. Menyelenggarakan tatakelola yang baik (good governance) bagi Program Profesi Insinyur untuk menjamin kualitas, profesionalitas, kapabilitas, dan akuntabilitas.
  5. Menjalin kerjasama dengan industri secara profesional.

 

SEBUTAN PROFESI

Mahasiswa yang telah lulus Pendidikan Profesi Insinyur (PPI) akan mendapatkan Ijazah dari Universitas Diponegoro dengan Nomor Ijazah yang terdaftar di DIKTI serta di SIVIL dan berhak menyandang sebutan profesi “Insinyur” dengan gelar Ir. melekat pada nama tanpa menghilangkan gelar Sarjana sebelumnya.

 

SYARAT DAN KETENTUAN

  1. REGULER

Pendidikan Profesi Insinyur dapat diperoleh melalui program Reguler bagi mereka yang baru mendapatkan pengalaman dalam bidang keinsinyuran kurang dari 3 (tiga) tahun terhitung setelah lulus Sarjana.

Peserta akan menempuh perkuliahan selama 2 (dua) semester dengan pembagian 8 (delapan) SKS di Semester I dan 16 SKS di Semester II.

Adapun ketentuan pelaksanaan program Reguler sebagai berikut:

  • Sarjana Teknik atau Sarjana Terapan Teknik (Program Studi Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi, Teknik Komputer, Teknologi Pangan/Teknologi Pertanian, Perikanan, Peternakan) yang terakreditasi oleh BAN PT yang telah memiliki pengalaman kerja dalam praktek keinsinyuran dibidangnya kurang dari 3 (tiga) tahun;
  • Sarjana Pendidikan bidang Teknik atau Sarjana Sains yang  berasal dari program studi terakreditasi BAN PT yang bersangkutan telah melakukan penyetaraan dengan sarjana pada poin (1) setelah yang bersangkutan memiliki pengalaman bekerja dibidang keinsinyuran kurang dari 5 ( lima) tahun;
  • Pengalaman kerja dalam bidang keinsinyuran harus dibuktikan dengan surat pernyataan dari pimpinan masing masing lembaga tempat yang bersangkutan bekerja;
  • Menyerahkan dokumen portofolio sesuai yang ditetapkan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro;

 

  1. REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU (RPL)

Pendidikan Profesi Insinyur dapat diperoleh melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi mereka yang sudah mendapatkan pengalaman dalam bidang keinsinyuran lebih dari 3 (tiga) tahun terhitung setelah lulus Sarjana.

Peserta akan menempuh perkuliahan selama 1 (satu) semester dengan total 24 SKS. Peserta akan lulus dalam 1 (satu) semester jika dapat melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan akademik.

Adapun ketentuan pelaksanaan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) sebagai berikut:

  • Sarjana Teknik atau Sarjana Terapan Teknik (Program Studi Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi, Teknik Komputer, Teknologi Pangan/Teknologi Pertanian, Perikanan, Peternakan) yang terakreditasi oleh BAN PT yang telah memiliki pengalaman kerja dalam praktek keinsinyuran dibidangnya selama lebih dari 3 (tiga) tahun;
  • Sarjana Pendidikan bidang Teknik atau Sarjana Sains yang  berasal dari program studi terakreditasi BAN PT yang bersangkutan telah melakukan penyetaraan dengan sarjana pada poin (1) setelah yang bersangkutan memiliki pengalaman bekerja dibidang keinsinyuran selama lebih dari 5 ( lima) tahun;
  • Pengalaman kerja dalam bidang keinsinyuran harus dibuktikan dengan surat pernyataan dari pimpinan masing masing lembaga tempat yang bersangkutan bekerja;
  • Menyerahkan dokumen portofolio sesuai yang ditetapkan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro;

 

PELAKSANAAN PERKULIAHAN

Berdasarkan dengan minat mahasiswa Profesi Insinyur dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, rangkaian proses pelaksanaan perkuliahan dan kegiatan akademik dapat ditempuh secara Daring/Online tanpa mengharuskan mahasiswa datang ke lokasi kampus Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Demikian juga untuk pelaksanaan Wisuda Universitas dan Pengambilan Sumpah Insinyur apabila kondisi masih pandemi juga akan dilaksanakan secara Daring/Online.

 

PENDAFTARAN

Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI) membuka pendaftaran pada TAHUN 2020 SEMESTER GENAP GELOMBANG 1 PADA TANGGAL 18 SEPTEMBER – 7 NOVEMBER 2020.

 

CEK LAMAN: 

https://pendaftaran.undip.ac.id/

https://um.undip.ac.id/archives/134/kalender-pmb

https://www.youtube.com/channel/UCJo1dvA8c0-sflCEuv8ekRg?view_as=subscriber

 

Untuk informasi pendaftaran dapat mengunjungi laman www.um.undip.ac.id atau bisa membuka link berikut untuk tatacara pendaftaran:

 

 

Informasi melalui Whatsapp dibawah ini:

Prof. Widayat 08179591573
Silviani, SE 081390349833